Magang di bagian Programming kamu jadi tahu hal - hal ini

September 12, 2017


Penulis mau cerita sedikit tentang pengalaman penulis magang di Antv untuk divisi Programming khususnya posisi Qualitative Research and Program Development. Sebelumnya penulis akan kasih tau apa itu Programming dan Qualitative Research and Program Development itu sendiri. Disini penulis menjelaskan secara khususnya aja ya cara kerjanya di Antv karena tidak semua stasiun TV melakukan cara kerja pada posisi yang sama dengan cara yang sama.

Programming di Antv ini di bagi menjadi 2 bagian, ada Quantitative dan Qualitative. Apa sih Programming itu? Divisi Programming ini adalah untuk melakukan riset dan pengembangan suatu program pada perusahaan nah, cara kerjanya dibagi 2 ada kuali dan kuanti.

Untuk Kuanti, itu berhubungan dengan Rating program yang datanya di dapat dari pusat Nielsen lalu, mereka olah untuk keperluan masing-masing program nantinya. Sedangkan Kuali, kita disini hanya berhubungan dengan konten pada program dan melakukan evaluasi pengembangan program. intinya kalo kuanti berhubungan dengan angka-angka dan kuali lebih ke verbalnya.

Penulis akan lampirkan apa aja yang penulis kerjakan selama magang disana.





Ini adalah bentuk software yang kita gunakan selama memonitoring program Antv maupun kompetitor. Disebelah kanan terlihat ada deretan angka 1 - 12 itu adalah beberapa Channel kompetitor termasuk Channel Antv. Software ini juga bisa melihat rekaman setelah 3 minggu ditayangkan. Nah di pojok kiri atas itu ada Grid Channel jadi kita bisa pantau lebih dari satu Channel. Seperti kegunaan software video lainnya, Sofware ini juga bisa replay video 2 kali lebih cepat.




Nah, ini adalah bentuk cara pengerjaan monitoring untuk program Live, kita juga bisa menampilkan database excel secara bersamaan. Selagi kita memonitoring jari jemari kita juga dituntut untuk kecepatan dalam mengetik secara bersamaan. dibutuhkan multitasking skill antara mendengar sekaligus mengetik. Fokus juga di butuhkan disini, sekali kamu meleng atau tidak fokus kamu bakalan ketinggalan beberapa konten untuk durasi selanjutnya, dan itu bisa fatal banget kamu bisa tidak tepat waktu dalam mengerjakan tugas ini. dan butuh waktu lagi untuk mendapatkan rekaman tersebut. Penulis jelaskan lagi ya penjelasan tadi itu untuk monitoring program Live, akan lebih mudah lagi jika kita mengerjakan program yang tidak Live atau program yang sudah tayang jamnya (ini menurutku) karena kita tidak mengejar durasi dan rekaman, kelewat sedikit kita bisa langsung replay tidak usah menunggu lama untuk mendapatkan hasil rekaman.




Ini adalah bentuk database yang kita olah tadi saat memonitoring ada beberapa format yang berbeda beda tiap program seperti contoh diatas. kalau contoh yang ini adalah database program berita dan variety show Nah, biasanya pada tiap database ada format hasil rating program tiap durasinya. jadi kegunaan database ini adalah kita bisa melihat konten apa saja yang hasil rating nya rendah atau maupun tinggi.




Berikutnya adalah hasil Analisis kita,  seperti capture diatas disini kita di minta untuk mengeluarkan pendapat maupun ide ide kita terhadap program yang kita monitoring. hasil database ini kita kirim melalui email kepada mereka (supervisior) yang memegang program. Biasanya mereka membalas atau memberikan respon terhadap pendapat kita seperti contoh diatas.

Itu adalah sebagian bentuk pengerjaan penulis selama 3 bulan lamanya. selain itu penulis juga jadi tahu apa gunanya kita melakukan monitoring ini hampir setiap harinya.


  1. kita jadi tahu apakah program ini masih berkembang dengan baik atau tidak.
  2. kita jadi tahu konten apa saja yang diminati audience dan juga kita bisa mengetahui audience yang       seperti apa dan kalangan apa dilihat dari rating yang menurun maupun naik.
  3. kita jadi tahu siapa kompetitor tiap program pada jam tayang yang sama.
  4. kita jadi tahu apa strategi kompetitor dengan melakukan monitoring kompetitor.
  5. kita jadi bisa berfikiran terbuka dan kreatif untuk suatu program.


Divisi Programming ini adalah Divisi paling penting dan selalu dicari baik produser ataupun petingginya. karena mereka ingin tahu seperti apa grafik pada program yang mereka hasilkan agar dapat berkembang dengan semakin baik untuk kedepannya.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hii, aku Raina. Apakah aku boleh minta kontak personal kamu mbak Virda?

    BalasHapus
  2. The International Series of Iron-Iron Wedding Band for Men
    The International Series of gaggia titanium Iron-Iron Wedding Band for Men titanium pry bar · The International Series of ford transit connect titanium Iron-Iron ford fusion hybrid titanium Wedding Band. Home · Silver- Iron-Iron- Iron- columbia titanium Iron- Iron- Iron- Iron- Iron. Iron- Iron.

    BalasHapus

FOLLOWERS